Sekda HSS Buka Sosialisasi Pengelolaan Barang BMD dan BPS

Kandangan, – Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) H. Muhammad Noor membuka secara resmi kegiatan Sosialisasi Pengelolaan Barang Milik Daerah (BMD) bagi kepala sekolah dan Pengelola Barang Sekolah (BPS) SD dan SMP Negeri se HSS, yang dilaksanakan oleh Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Kab HSS, di Pendopo Bupati HSS. 

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bakeuda HSS H. Nanang F.M.N, di Kandangan,  Senin (14/10), maksud dari pelaksanaan sosialisasi BMD ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan akan pentingnya penatausahaan BMD sebagai salah satu bagian dari unsur data penyusun Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) di Kabupaten HSS bagi seluruh Aparatur Pengelola, Pengguna dan Pengurus BMD di lingkungan SDN dan SMP Se HSS. 


“Tujuan dari sosialisasi tersebut adalah seluruh peserta Pengelola Barang di Sekolah, khususnya SDN dan SMPN di HSS dapat melaksanakan penatausahaan BMD secara baik, tertib dan mandiri sesuai dengan ketentuan perundangan yang berlaku sehingga Opini WTP yang telah diraih dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan lagi kualitasnya,” katanya.

Dijelaskan dia, sosialisasi ini dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 14 sampai dengan 16 Oktober 2019, dengan diikuti peserta sebanyak 546 orang yang masing-masing terdiri dari 241 orang Kepala SDN dan 241 orang PBS, 32 orang Kepala SMPN dan 32 orang BPS.

Sekda HSS HM Noor,  mengucapkan selamat datang dan ucapan terima kasih kepada para narasumber dari BPKP Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel),  dan juga mengucapkan terima kasih atas bimbingannya selama ini kepada HSS melalui pendampingan dan kegiatan lainnya sehingga predikat WTP dapat diperoleh selama enam kali berturut-turut.

Menurut dia, pengelolaan barang milik daerah merupakan amanat dari peraturan perundang-undangan dan juga laporan penatausahaan barang merupakan salah satu bagian penting dalam penyusunan LKPD,  karena tanpa penatausahaan BMD yang baik, opini WTP dari BPK akan sulit didapatkan.


 Setelah membuka dan menyampaikan sambutannya, Sekda HSS menyerahkan plakat kenang-kenangan kepada Suan Kim selaku Koordinator Pengawas Bidang APD BPKP Provinsi Kalsel.

Turut hadir,  Inspektur Kabupaten HSS Ir. Rusmajaya, Kepala Dinas Pendidikan HSS Noordiansyah,S.Sos,M.Si, Plt. Kepala Bakeuda Kab. HSS Drs. H. Nanang F.M.N, M.Si, para kepala sekolah SD dan SMP Negeri beserta pengelola barang sekolah se Kabupaten HSS. (Ant)